Pernah nemu kan ada blogger yang lama tidak posting, tiba-tiba update dan bilang kering ide postingan? Gue salah satunya. 😀 Tapi sekarang sok-sokan bikin tulisan tips mencari ide postingan.

Kadang memang mencari ide untuk posting jadi susah-susah gampang *susahnya duluan tapi sebenernya gampang. Gak perlu sampai harus bertapa dan berkelana demi mencari ide untuk diposting. Toh ini ngeblog bukan dunia persilatan yang keras dan harus diiringi dengan ulah kanuragan tinggi. *ihikk!

Kalo tips mencari ide postingan dari gue untuk bisa lancar update blog:

Kalik aja kalian udah pernah baca, harap maklum deh ya, diulangin lagi aja bacanya satu-satu. Dikhatamin. Ihik. Kan seneng dong guehnya kalo dibaca sampe habis dan akhirnya bisa bermanfaat. Hihihi.. Jadi-jadi-jadi cek satu-satu yaaa. 😀

Ingat tema utama blog

Satu hal yang paling dekat yang bisa dilakukan adalah dengan mengingat tema utama blog. Tema yang sudah ditentukan di awal bisa jadi inspirasi buat mengisi blog dengan postingan. Seperti blog gue ini, dengan mengambil tema ngeblog di WordPress, banyak sekali ide bermunculan buat di post. Sayangnya manajemen waktu gue yang masih belom bagus.

Kalau misalkan memang mengambil tema pribadi untuk blog, kesempatan untuk mendapatkan ide postingan akan lebih besar lagi seperti di tips berikutnya. Karena memang kehidupan sehari-harilah yang menjadi sumber utama pengalaman kita. Inilah yang kemudian membawa ke tips berikutnya.

Gali pengalaman pribadi

Dari pengalaman pribadi, kemungkinan sumber materi postingan akan banyak sekali. Misalkan saja pas gue inget-inget dulu pernah pake kacamata hitam dan gak cocok, bisa dijadikan postingan kayak yang gue post di (salah satu) obat ganteng di blog pribadi gue.

Meskipun berupa pengalaman pribadi, belum tentu postingan itu akan jadi postingan yang kurang menarik. Berikan unsur-unsur yang bisa memberikan nilai tambah buat pembaca, ato paling gak yang bisa menghibur dan membuat orang merasa tidak sia-sia membaca postingan kita.

Menertawakan pengalaman dan diri sendiri bareng pembaca blog bisa jadi sangat membantu buat kita membuat postingan. Seru kok kalo bisa tertawa bareng ama temen-temen. Malah itu bisa menyentuh hati banget.

Sering update

Percaya ato nggak, semakin sering update, kita akan semakin sering mendapatkan ide baru. Paling gak itu yang kejadian di gue.

Kerasa bertolak belakang dengan susahnya mencari tema untuk diposting di blog memang, tapi waktu posting tentang sesuatu, sering banget gue kepikiran untuk bikin postingan tentang hal lain. Misalkan aja pas gue posting tentang peluncuran jaringan 4Gnya Smartfren, akhirnya gue jadi kepikiran bikin postingan kenapa lebih memilih pakai jaringan seluler dibandingkan harus pasang jaringan fiber optic dan seterusnya dan sebagainya.

Kalo boleh gue bilang, semakin sering gue update blog, gue semakin terlatih cari tema-tema yang kira-kira bakalan bisa memancing rasa ketertarikan orang buat baca.

Perbanyak baca

Udah deh, kalo semakin banyak baca, semakin banyak juga ide postingan muncul. Baca ini bisa baca buku, blog lain, koran dan sebagainya dan lainnya. Beneran. Seolah-olah kita selalu dapet input dari apa yang kita baca. Kan banyak input mestinya banyak output juga ya.

Kalo baca blog orang, siapa tahu kita jadi kesentil posting sesuatu yang merupakan kelanjutan postingan orang itu, atau kalo baca buku, minimal review bukunya bisa dijadikan postingan tersendiri. Yakan? 😀 Apalagi kalo punya pengalaman yang nyambung sama apa yang kita baca itu.

Kalo udah dari awal bilang males baca sih ya yudadahbabay.

Tentukan jadwal

Satu ini yang gue rasakan pengaruh banget. Menentukan jadwal untuk posting bisa membantu keluarnya ide. Be it once in three days,  once in a week ato malah tiap hari. Kalo gak ada jadwal rasanya kayak gak ada keinginan untuk cari ide postingan.

Ini yang gue rasakan untuk blog danirachmat.com gue. Dengan menjadwalkan posting setiap hari, gue serasa selalu dituntut buat mikirin tema yang harus gue posting secara teratur.

Buka mata buka telinga

Kalau yang ini sih sepertinya memang pekerjaan blogger. Selalu buka mata dan buka telinga soal apa-apa yang kejadian di sekitar. Dari situ, suatu hal sesederhana perubahan peraturan kereta Commuter Line pun bisa dijadikan bahan postingan.

=====

Menurut gue, yang susah bukanlah mencari ide postingan, tapi membiasakan diri untuk menerima ide yang ada di sekitar kita untuk dijadikan postingan.

😀

7 Response Comments

  • Blogging Indonesia31/08/2015 at 7:18 am

    Yang susah adalah membiasakan diri untuk menerima ide postingan dari sekitar? Sepakat mas. Susah beud itu mah. Makasih banyak mas tipsnya.

    Balas
  • Febriyan Lukito31/08/2015 at 12:14 pm

    Kasih ide dong om. Kasih saya ideeee. ?
    Tapi setuju sih. Makin rutin malah makin banyak yang muncul.

    Balas
  • Cindy05/03/2016 at 8:13 pm

    Bener banget mas Dani,kalo banyak baca biasanya jadi banyak pula ide dikepala yang bisa dijadikan bahan postingan. Bahkan kadang kalo lagi bengong juga suka nongol sendiri idenya,tapiii kalo nggak langsung ditulis tuh rasanya kok menguap ya semua 😛

    btw mas,mau tanya dong. Kalau bikin hurufnya jadi beda size itu gimana caranya sih? Thanks 🙂

    Balas
    • Dani Rachmat Kurniawan07/03/2016 at 12:34 pm

      Mafkan baru dibalas…
      Makanya membaca bisa jadi sangat menyenangkan kan ya Mbak CIndy 😀
      Btw untuk besar kecilnya huruf ini tergantung dari themes yang dipergunakan Mbak. Karena saya pake theme premium besar kecilnya huruf bisa diatur. Kalau menggunakan themes yang free dari WordPress, hurufnya hanya bisa diganti antara paragraf dan heading saja Mbak Cindy. 😀

      Balas

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.

You may also like