Dalam dua hari ini, gue dapet chat sama dua temen baru yang bingung bagaimana blognya kok gak rame. Bagaimana mereka harus mempromosikan blog dan mendapatkan traffic adalah pertanyaan utama. Kenapa kok setelah beberapa bulan traffic masih segitu aja.

Kadang memang agak bikin sutris kalo mulai ngeblog trus lihat traffic blog gak naik-naik. Sudah posting tiap hari, sudah minta temen baca tapi kok gak rame-rame. Masih berkisar di angka puluhan ato malah gak ada yang ngebuka sama sekali. Kebayang gimana rasanya?

Etapi semuanya balik ke tujuan ngeblog masing-masing ya. Coba dibaca 20 alasan ngeblog yang pernah gw posting di blog ini.

Nah trus gimana dong biar rame? Ada beberapa cara sebenernya gimana bisa untuk bisa mempromosikan blog dan mendapatkan traffic ini. Semuanya dari pengalaman gue sendiri ya, kalo misalkan ada tambahan silahkan di tulis aja ya gw.

(1) Mempromosikan Blog Melalui Komen

Komen-Tidak-Nyambung

Komen Gak Nyambung

Percaya atau nggak kalo komen akan mendapatkan komen. Jangan pernah meremehkan kekuatan blogwalking. Pengalaman dari blog gue, traffic-traffic awal berasal dari teman-teman yang mengunjungi balik blog gue setelah blognya didatangi dan dikomenin.

Komen di blog orang lain kan istilahnya mengenalkan blog kita  ke dunia kan ya. Dengan komen, orang jadi tahu blog yang kita seperti apa dan apa alamatnya. Gambaran singkat tentang blog kita ini akan didapatkan orang dari komen yang kita ketik di sana.

Lagipula, komen adalah hal yang paling mudah dilakukan dibandingkan hal-hal yang lain kalau memang menikmati proses ngeblog itu sendiri. 😀

Pernah gue posting tentang ini di blog ini di postingan Berkomentar di WordPress.

(2) Tulis Konten yang Dibutuhkan

Tulis konten yang memang benar-benar dibutuhkan oleh orang. Serius.

menulis-konten-berkualitas

Konten Berkualitas

Kalo misalkan kita sudah kenalkan blog kita melalui komen-komen di blog orang, tugas terpenting kita adalah nulis konten yang bikin orang mau baca. Jangan sampe setelah kita cape-cape nulis ternyata pas orang dateng isi blog kita cuma berisi sumpah serapah keluhan tak berkesudahan.

Hidup orang sudah susah, jangan sampe dibikin lebih susah lagi dengan membaca postingan kita. Pertama kali orang datang ke blog kita dan langsung disuguhin keluhan, sudah pasti orang bakalan lari.

Coba aja misalkan orang datang ke blog kita, trus langsung disuguhin gimana cara mendatangkan traffic, cara bikin cash flow sehat atau mungkin tempat-tempat yang direkomendasikan untuk yoga di Jakarta. Kalau kayak gitu kan orang setiap kali dateng langsung merasa mendapatkan manfaat yang langsung bisa dipraktekkan.

(3) Terapkan Prinsip-prinsip SEO

membeli-domain-wordpress-com-store-plans

Available Plans

Teknik SEO pasti akan mendatangkan pembaca.

Nah gue sendiri  belom lama menerapkan konsep SEO ini. Search Engine Optimization. Ada yang sudah tahu dan sudah pake? Bagi ilmunya dong! 😀

Gue sendiri sudah mencoba menerapkan beberapa ilmu tentang SEO ini di blog danirachmat.com dan hasilnya cukup lumayan. Meskipun baru beberapa minggu gw aplikasikan dan belum semua postingan gw edit untuk mengikuti prinsip SEO, traffic di blog gw yang itu sudah cukup stabil dengan rata-rata per hari di atas 1.000 views dengan lebih dari 55% berasal dari pencarian Google.

Sebelumnya traffic yang masuk dari pencarian Google cuma sekitar 40%-an dengan rata-rata views sehari sekitar 800an sehari, itupun dengan blogwalk ke banyak sekali blog teman-teman. Jadi teknik SEO memang diperlukan untuk membuat tulisan kita bisa ditemukan oleh mesin pencari.

(4) Buat Postingan Tamu Untuk dan Dari Blog Teman

Terima dan buat postingan tamu dari dan untuk teman blog. Sayangnya gue sendiri belum banyak melakukan postingan tamu ini.

Dengan membuat dan menerima postingan tamu, memperbesar kemungkinan orang untuk mengenal blog kita. Misalkan saja gue buat postingan di blog teman, kemungkinan besar temannya teman yang publish postingan tamu dari gue akan baca itu post dan akhirnya tahu tentang gue. Pun sebaliknya, postingan tamu yang terbit di blog gue pun akan memperkenalkan blog penulisnya ke teman-teman blog gue ini.

Jadi inget hutang guest post di blognya temen-temen yang belom gue tulis. Ihik! 😛

(5) Sharing di Social Media

20-alasan-harus-ngeblog-popularitas

Popularity

Satu hal setelah postingan dipublish yang tidak boleh dilupakan adalah sharing ke sosial media yang kita punyai. Mulai dari sharing di Google+ sampai ke Facebook dan Twitter.

Dengan sering-sering sharing postingan ke social media, akan memperluas jangkauan blog kita. Sudah pada tahu kan kalo misalkan kita share di Facebook misalkan, orang yang like postingan kita berarti akan membagikan juga postingan kita ke teman-teman mereka, meskipun memang tergantung settingan privasi masing-masing orang sih ya.

Kalo sharing di twitter, siapa tahu pas kita share ada temen yang punya follower banyak meretweet ato berinteraksi sama postingan kita. Dengan begitu, kita juga bakalan dapet eksposur tambahan untuk promoin blog. Apalagi kalo postingan kita isinya berpotensi untuk jadi viral.

=======

Tadi itu baru 5 cara yang gue pake sendiri. Bisa jadi temen-temen punya cara lain untuk mempromosikan blog dan mendapatkan traffic yang bener-bener berbeda dengan yang gue lakukan. Tapi satu yang pasti, untuk mendapatkan traffic, gak ada yang namanya langsung jadi dan instan. Butuh berproses dan ada tahapan yang harus dilalui. Yang paling penting adalah kita harus benar-benar menikmati

18 Response Comments

  • Setuju Mas. 5 cara di atas udah bisa naikin traffic tuh. Yang pasti sih gak bisa mengharap menerapkannya sehari terus langsung jadi naik trafficnya. Dan masing2 blogger beda cara penerapannya.
    Jadi kalau TBI mau guest post di sini boleh gak? Heheh

    Balas
    • Dani Rachmat Kurniawan18/01/2016 at 8:36 pm

      Waaaah. Boleh banget banget dong Mas. Saya mah seneng banget kalo Mas mau nulis di sini 😀

      Balas
  • Deny18/01/2016 at 5:37 pm

    Aku masih belum paham nih yang tentan SEO, musti banyak belajar lagi.
    Bersyukurnya sejak akhir Desember sampai Januari ini sudah menulis 3 artikel buat blog lain. Awalnya ga percaya pas diajakin untuk menulis diblog mereka. Rasanya ga pede juga, tapi ya sudah dicoba, lumayan buat pengalaman 😀

    Balas
    • Dani Rachmat Kurniawan18/01/2016 at 8:35 pm

      Waaaaah mantabh. Sudah guest post di blog lain ya. Akikes ini Den sing nulis buat blog lain gak jadi-jadi.. Huhuhu…
      SEO ini juga aku masih meraba-raba Den. Cuma semakin ke sini semakin besar sing mampir ke blog dari hasil pencarian. Bukan dari direct access. Semoga semakin rame. Hihihi. Ntar sing kupahami tentang SEO kuposting di sini juga ya Den 😀

      Balas
      • Deny19/01/2016 at 3:30 pm

        Asyiikkk, tak enteni Dan postingan SEO 🙂
        Iya, salah satunya ya yang aku sabtu kemaren mention dirimu, tulisanku tentang Belanda diblog Fe jalan2liburan. Tinggal nunggu ajakan dari blogger femes bernama Wawan nih hahaha.

        Balas
        • Dani20/01/2016 at 7:53 am

          Hahahahahaha. Aku jik nggolek-nggolek tema Den opo sing bisa ditulis sama temen-temen di blogku. Eh ada ding satu. Hahaha.

          Balas
        • febriyan24/01/2016 at 1:14 pm

          Menantikan Guest Post dari kalian nih di blog… hmmmm

          Balas
  • Sukman Ibrahim21/01/2016 at 10:45 pm

    Ini yang cocok banget sama saya Mas?
    “Tapi satu yang pasti, untuk mendapatkan traffic, gak ada yang namanya langsung jadi dan instan. Butuh berproses dan ada tahapan yang harus dilalui. Yang paling penting adalah kita harus benar-benar menikmati”

    Google aja santai…iya kan Mas? Hehe…salam kenal.

    Balas
    • Dani Rachmat Kurniawan25/01/2016 at 5:42 am

      Salam kenal Mas Sukman. Sori baru dibales.
      Betul mas, woles aja. Gak usah sampe yang begimana-begimana gitu kanya 😀

      Balas
  • eda22/01/2016 at 7:19 am

    aku juga mau kalo dibagi ilmu SEOnya.. ditunggu postingannya 😀

    Balas
  • Adelina22/01/2016 at 1:33 pm

    Terima kasih Dani, berkat lu nich gue banyak belajar ngeblog. Walaupun sampai sekarang masih berjuang ama traffic wkwkwk..

    Balas
  • Indah12/02/2016 at 10:38 am

    ​​Тεπğĸĭυ sharing ilmunya mas Dani..

    Balas
  • monda08/03/2016 at 8:29 pm

    nah Dani.., kapan dong nulis di blogku..?

    Balas
    • Dani Rachmat Kurniawan09/03/2016 at 5:01 am

      Ihikk…. Ini saya blog sendiri belum diupdate lamaaaaa banget Mbak Monda. Hiks. Semoga secepatnya bisa ya Mbak 🙂

      Balas
  • Timothy W Pawiro08/04/2016 at 2:51 am

    OMG … ada blog dari seorang Dani Rachmat lagi wkwkwk …

    Msh perlu byk belajar lagi dari SEO, tp emang content is the king ya – kt teh Ani haha! Dan emang setuju dgn benefit dengan guest post, jd kita bs dikenal di blog A dan viewers nya – di mana kita jd tamu sbg guest post.

    Mantabh lah oommmmmm 😀 😀 😀

    Balas
  • Mechta04/01/2017 at 4:44 pm

    Salam kenal, mas Wawan… 🙂
    Suwun tipsnya yaa..akan sgra kuterapkan di blogku biar mkn rameeee….

    Balas

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.

You may also like