Mobil-di-parkiran

Mobil Parkir Inspirasi Tema Postingan Blog

Salah satu yang sering jadi bahan pertanyaan waktu akan memulai sebuah blog adalah tema apa yang akan dipilih. Dengan semakin diliriknya blogger untuk mendatangi event-event peluncuran produk, job review atau menitipkan link posting, gue rasa memilih tema blog yang tepat saat ini lebih penting lagi.

Gue sendiri dari awal mulai ngeblog dulu tidak pernah memikirkan akan memulai blog dengan tema spesifik. Blog utama gue, danirachmat.com sampai sekarang masih bercerita segala macam hal mulai dari review film sampai ocehan tentang nostalgia MIRC.

Pilihan Tema Blog

Pilihan tema blog sendiri beraneka ragam seperti gue bilang tadi, mulai dari personal blog yang isinya curhatan sampe blog dengan niche tertentu. Blog berniche pun bisa beraneka ragam, mulai dari yang isinya traveling sampe tips dan trik tentang sesuatu, komputer misalkan.

Kaos-Murah-Thailand-Celana-Uniqlo

Foto materi fashion blog?

Ketika memutuskan memulai blog dengan niche terntentu, pemahaman kita akan tema yang tersebut paling gak harus cukup baik. Jangan sampai kita membicarakan sesuatu di blog hanya berdasar katanya. Misalkan saja mau memulai blog tentang traveling, ya paling gak kudu pernah traveling lah ya. Atau misalkan saja memang tidak pernah traveling, tapi mau memulai blog khusus tentang traveling, mungkin bisa mengambil sisi lain dari traveling itu sendiri.

Misalkan saja blog yang mereview blog tentang traveling. Hahaha. Ide liar gue aja sih ini. Atau buat blog yang spesifik tentang review make up atau fashion, gue baca dari beberapa blog teman yang punya blog berisi cerita pribadi, postingan mereka tentang review lipstik dan make up ternyata menjadi penyumbang traffic yang cukup tinggi.

Bagi Pengalaman

Apapun tema blog yang dipilih nantinya, satu hal yang paling penting dari blog adalah bagi pengalaman. Salah satu kekuatan blog menurut gue adalah sentuhan personal si pemilik blog dalam menceritakan pengalamannya.

Banyak sekali pengalaman kehidupan yang bisa dipelajari oleh orang lain melalui blog. Misalkan saja bagaimana seorang Ibu muda menceritakan pengalaman menyiapkan makanan pertama untuk anaknya, atau daycare pilihan keluarga yang kedua orang tuanya bekerja. Bahkan, apakah film Jurassic World atau Terminator Genisys cocok untuk anak bisa dilihat oleh anak-anak bisa dibaca melalui sharing review di blog.

Lebih jauh, Apabila sebuah brand memutuskan untuk beriklan di blog, si pemilik brand/agensi akan melihat kesesuaian isi tema blog dan juga bagaimana interaksi si pemilik blog dengan pembacanya. Di sisi lain, pembaca akan lebih mudah untuk beralih menggunakan brand yang diiklankan apabila isi postingan yang ditulis lebih menekankan sisi pengalaman personal menggunakan brand tersebut.

Paling tidak, itu dari pengalaman gue. 😀

Tidak ada salahnya untuk membuat blog yang berisi tutorial sepenuhnya dan juga tips dan trik karena tips dan trik tentang berbagai macam hal tersebut juga banyak dicari orang. Satu hal yang pasti, jangan sampai isi postingan blog kita, karena sudah diputuskan bertema tertentu, ujungnya malah hasil copy paste dari blog dan website lain.

Share your experience and be original.

3 Response Comments

  • alrisblog19/08/2015 at 6:35 am

    Iya ya blog dengan tema tertentu makin laris manis diundang untuk review product dan acara sosialita lainnya.

    Balas
  • Mechta06/01/2017 at 7:44 am

    Aah…dr tahun ke tahun blogku isinya cuma curhat ga jelas.. Pantes gada yg nglirik ya.. Hehe…

    Balas

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.

You may also like