Suka sebel ya kalo maen ke Blog gue yang self hosted dan ternyata ujungnya gak bisa komen? Nah baru beberapa minggu yang lalu gue nemu jawabannya untuk bisa komen di blog WordPress Self hosted dari aplikasi WP reader. Sebelumnya gue pasrah dah kalo dikomplen gak bisa dikomenin. Googling dengan keyword dalam Bahasa Inggris pun gak membantu karena yanggak ada  membahas soal ini.

Aplikasi WordPress untuk smartphone memang ngebantu banget buat yang blogger memang ngeblog di WordPress. Dari aplikasi yang tersedia buat Android dan iOS ini kita bisa langsung bikin postingan, bales komen sampe baca update terbaru dan langsung komen ke blog temen yang berbasis WordPress. Pasti sudah pada pake kan?

Nah permasalahan utamanya itu tadi, buat blog temen yang self hosted kayak gw, gak bisa langsung dikomenin. Bingung deh gw, kan pengen dikomenin juga ya. Sampe suatu hari Mas Shiq4 kasih  tahu caranya.

Komen di Blog WordPress Self Hosted Dari Aplikasi WP Reader

komen-di-blog-wordpress-self-hosted-dari-aplikasi-wp-reader

No Comment Button

Jadi kalo asudah ada akrab pake WP reader sudah pada tahu lah ya kalo blog yang kita follow akan keluar di kategori Followed Sites. Di situ semua blog yang kita tekan tombol follownya atau kita masukkan manual akan keluar updatenya. Untuk like dan komen setelah baca blog-blog di WordPress.com bisa langsung tekan tombol di kanan bawah. Ada like dan komen.

Sementara kalau blog gue yang self hosted ini tombol komen tidak akan keluar. Begitu juga untuk blog self hosted yang lain. Kondisi inilah yang banyak dikeluhkan sama teman-teman yang datang ke blog gw dengan menggunakan aplikasi WP reader.

Mereka sudah capek baca tapi gak bisa komen. Paling banter cuma bisa kasih like dengan tombol di bawah itu. Ngeselin banget emang karena komen itu penting banget buat blog kita kan? Lagipula sebagai blogger kita pasti punya suara tentang apa yang baru saja kita baca. Yagaksih?

Postingan gue tentang komen di blog ini bisa dibaca di tulisan Tips Komen di Blog.

Nah kalau sudah begini, yang bisa dilakukan hanyalah menekan tombol like. Trus gimana?

1. Tekan tombol Like dan pergi ke post I Like

Yes, meskipun gak ada tombol komen, tetep di like aja postingannya.

Setelah di likedi pojok kiri atas ada kategori-kategori postingan reader, baru kemudian pilih posts I like. Di kategori posts I like ini akan ditampilkan semua postingan yang pernah kita klik tombol likenya. Untuk blog selfhosted WordPress yang mau dikomenin, meskipun gak pengeng ngelike di like aja dulu dan pergi ke posts I like.

2. Isikan postingan komen

Di posts I like cari postingan yang mau dikomenin. Seperti contoh yang gue pakai, postingan mengenai Royal Enfield di blog sebelah muncul sebagai salah satu postingan yang sudah gue like. Baru di Posts I Like inilah kolom komen muncul dan kita bisa klik itu tombol komen.

komen-di-blog-wordpress-self-hosted-dari-aplikasi-wp-reader

Kolom komen sudah muncul

Voila! Sudah bisa komen.

======

Memang agak berputar dua kali kalau mau komen di blog WordPress self hosted dari aplikasi WP reader. Tapi gimanapun juga sangat layak buat dilakukan karena komen-komenan adalah salah satu cara berpromo dan mengenalkan blog kita (cara lainnya bisa dibaca di postingan mempromosikan blog dan mendapatkan traffic dan baca juga postingan 20 alasan yang membuat ngeblog jadi kegiatan yang berguna).

Monggo kalo ada yang mau dibahas bisa log colek gw di twitter @danirachmat dan kalo manteman ngerasa postingan ini ada gunanya buat yang lain boleh dishare juga 😀

Yours truly,

10 Response Comments

  • Ani Berta01/02/2016 at 12:23 pm

    Baru tahu saya tentang fitur ini. Tapi saya belum pakai wordpress 🙂
    Nice info Mas Agung.

    Balas
  • Ani Berta01/02/2016 at 12:30 pm

    Masa Allah Mas dani maaf aku kira tadi ini blog Mas Agung hahaha…. siwerrrr maaf banget Mas Dani :))

    Balas
  • Astin Astanti01/02/2016 at 2:28 pm

    Tes, nyona dulu komen di sini, aku punya pengalaman “susah” kalau sama WP

    Balas
  • monda08/03/2016 at 8:26 pm

    baru tau aku Dan…
    thanks ya

    Balas
  • UG12/03/2017 at 4:34 pm

    aplikasi lainnya yg hampir sama kaya gini apa ya gan ?

    Balas
  • OFamni06/06/2017 at 5:36 pm

    jiah ternyata bisa yah. malah udah terlanjur dihapus aplikasinya 😀

    Balas

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.

You may also like