Gak perlu belajar ngeblog mah!  Langsung posting aja setelah bikin akun blog.  Mumpung ide meluap-luap nih!  Eh tapi blogging itu apa sih?  Kenapa kok banyak orang sekarang ngeblog? Emang ada waktu buat ngeblog?  Emang ada untungnya?

Punya pertanyaan serupa ato sering dapet pertanyaan itu dari temen?

Postingan ini gue bikin salah satunya buat ngejawab pertanyaan – pertanyaan itu.  Tanggal 23 Januari 2016 nanti gue akan ngebawain materi ini bareng Ryan di acara Ngobrol Santai yang ngambil tema Yuk Belajar Ngeblog! Acara ini sendiri pernah gue singgung di postingan Tutorial Blog dan Sambil Ngobrol Santai di blog yang satunya.

Tutorial Blog Sambil Ngobrol Santai

Kalo ngomongin soal blogging,  sebenernya emang sesederhana bikin akun blog dan mulai nulis.  Tapi dengan begitu banyaknya blogger sekarang ini,  kalo cuma langsung bikin blog,  nulis dan nulis,  butuh kekuatan tulisan yang besar dan ciri yang benar-benar khas untuk blog kita bisa punya impact.  Ada satu tulisannya Mbak Yo yang isinya infografis lengkap tentang gimana sih isi otaknya blogger itu.  Baca deh,  keren isi postingannya.

Buat gue sendiri kalo ditanya blogging itu apaan,  bakalan banyak jawabannya. Tapi yang pasti,  perlu untuk terus belajar ngeblog biar bisa menghasilkan blog yang berkualitas. 

Blogging Sebagai Ajang Curhat

Banyak sekali blogger yang gue temui, termasuk gue sendiri sih, mulai ngeblog buat tsurhat. Menumpahkan isi hati. Cerita segala macem persoalan hidup yang ada karena terlalu panjang kalau cuma ditulis di status Facebook. 😛

Dulu gue sampe pernah mikir gak mungkin ada yang bisa ditulis selain curhatan.  *hayoo?  Masih ada yang mikir gitu gaak?  😛

Dengan nulis sebagian kisah perjalanan hidup di blog, rasanya melegakan.  Ada sebagian beban yang terlepas.  Karena seperti yang pernah gue baca,  menulis itu sendiri adalah terapi.  Kayak komputer yang terlalu banyak dikasih input,  kalau gak ada yang dikeluarkan datanya,  lama-lama bisa jadi lambat. Begitupun manusia.

Tanpa gue sadari,  curhatan-curhatan yang awalnya terasa sepele,  bisa mendatangkan manfaat juga buat orang yang baca.  Mereka yang ternyata menghadapi permasalahan atau kondisi yang kurang lebih sama bisa dapet masukan bagaimana menghadapi masalahnya.  Hal ini yang kemudian bikin gue sadar fungsi lain dari blogging.

Baca juga postingan Memilih Tema Blog

Sharing Melalui Blog Berarti Peduli

belajar-ngeblog-inspirasi-sekitar

Blogging resources

Beneran,  dari yang awalnya cuma curhat-curhit jadi mulai berpikir kalo pengalaman gue itu ada manfaatnya juga.  Ada pelajaran yang bisa diambil dari situ.

Kayak misalkan waktu gue transaksi online pertama kalinya dengan beli barang dagangan (mantan) temen blog yang ternyata ujungnya ditipu. Curhatan tentang gimana alur transaksinya,  gimana cara si blogger nawarin barang dan gimana mestinya gue ngecek keamanan transaksinya bisa jadi bahan pelajaran.  Bahkan dari situ pulalah gue tahu betapa banyaknya orang lain yang juga mengalami hal yang sama dan menjadi korban penipuan. Akhirnya kamipun belajar bagaiman untuk cope dengan kejadian itu dan lebih berhati-hati ke depannya.

Pun dengan hal-hal blogging itu sendiri.  Karena gw seneng utak-atik blog,  jadi ngerasa banyak hal tentang blogging yang gw rasa worth a share.  Bisa ditulis biar dibaca temen-temen yang baru mau mulai ngeblog ato referensi tentang blogging itu sendiri.

Ditambah dengan kekuatan utama tulisan blogger yang berdasar pengalaman.  Pembaca bakalan lebih percaya dan lebih merasakan manfaaat dari apa yang ditulis oleh blogger bahkan sebelum dicoba sendiri.  Paling gak itu yang gue alami sih.  😀

Blogging Sebagai Ajang Mencari Rezeki

Karena kekuatan yang gw bilang di poin sebelumnya,  sekarang ini blogging juga dimanfaatkan untuk cari duit.  Dengan pengalaman yang diceritakan,  blogger dianggep bisa memengaruhi orang untuk beli satu barang atau layanan.

Bahkan sekarang gak sedikit blogger yang fokus menjadikan blogging dan blognya sebagai mata pencaharian utama. Gak perlu yang sekaliber Alodita ato Diana Rikasari,  blogger sekelas gue dan teman-teman semua sekarang ini dimungkinkan buat cari duit lewat blog. Pasti dah pada tahu kan tentang ini ya?

Ya tentunya gak bisa dengan blog yang bikin akun langsung tulis juga sih ya.  Banyak yang perlu dilakukan untuk bisa sampe ke sana. *CMIIW

Pembuktian Diri Melalui Blog

belajar-ngeblog-dan-blogging

Blogging habit

Curhat udah,  sharing udah,  cari duit udah trus blogging bisa dipakai untuk apalagi?

Gue sendiri ngelihatnya,  blogging bisa dipake sebagai ajang pembuktian diri.  *tsaaah! Pembuktian diri yang gimana sih? *kok iyes banget bahasanya

Kalo buat gue,  bagaimana gue bisa konsisten nulis,  tetep terus upgrade diri dan bisa share hal-hal yang bermanfaat. Sesuatu banget buat gue kalo ngelihat deretan tanggal terisi penuh postingan.  Hahaha.  Meskipun memang itu bukan tujuan utamanya ya. *grin*

Baca tulidan gw tentang Tips Mencari Ide Postingan.

Apalagi kalo misalkan tulisan gue dirasa beneran bisa memberikan manfaat dan atau bahkan dishare oleh orang yang bahkan belum temenan sama gw di facebook.  Hihihi.  Itu bisa bikin gue bahagia dan memberikan bukti kalau ngeblog itu memang ada manfaatnya.

Suara gue akhirnya didenger melalui tulisan – tulisan di blog.  Semacam itulah.

Ngeblog Memberikan Alasan Terus Belajar

Yang paling dahsyat menurut gw, kalo misalkan kita udah males belajar, males cari tahu hal-hal baru,  ngeblog bisa ngubah itu semua loh.  Gak percaya?  coba deh ngeblog.

Dengan ngeblog dan konsisten update,  gue merasa ada tuntutan untuk terus menerus upgrade diri.  Upgrade dalam hal pengetahuan dan juga kemampuan teknis.  Gak lucu kan kalo yang ge share itu berita bohong,  hoax dan gak berdasar.  Amit-amit kalo sampe copas juga.  Hih!

Curhatan aja mengandung pengetahuan dan pengalaman kan?

Makanya dengan ngeblog gue mendapatkan passion untuk terus menggali hal-hal di sekeliling gue.  Gimana emas dibandingkan  dengan instrumen lainnya misalkan,  gue cari data,  banding-bandingkan dan akhirnya jadi postingan Berinvestasi Emas di blog financial planning.

Kayak si Ryan yang gue sebut di awal postingan,  dia buat blog yang fokus dengan niche blogging, sekarang sudah jadi ahli SEO.  Dia belajar terus tema itu dan hasilnya cetar membahana.  Alasan yang samalah yang akhirnya melatarbelakangi gw buat bikin blog Mendadak WP ini biar gw bisa terus belajar dan ngulik tentang WordPress.  Platform yang gw pake dari awal gw ngeblog. Bukan biar cetar,  tapi biar lebih paham tentang WordPress itu sendiri.

Baca tulisan gw tentang kenapa milih WordPress.

Intinya,  dengan ngeblog,  kita akan dituntut untuk terus menerus meningkatkan diri. *benerin kacamata *kacamata orang tapinya

Ngeblog Sebagai Sumber Stress (??)

Nah,  sampe sekarang belom pernah nemu sih orang yang malah jadi stress dengan ngeblog.  Tapi godaan untuk bisa jatuh ke sisi gelap dunia blogging terbuka sangat lebar.

Terutama untuk blogger yang memang dari awal niatnya untuk mengejar popularitas,  duit dan terlalu fokus dengan angka-angka. Kayaknya sih gitu yaa. 😛

Angka yang gue maksud di sini bisa jadi angka-angka indikator dari satu blog,  sampe ke nilai rupiah dan lalalilinya.

Pernah kan ketemu blogger yang tiap hari fokus mantengin Alexa Rank,  DA,  PA,  traffic dan gak tenang hidup kalo angkanya gak bagus (tunjuk diri sendiri :-P). Lama-lama fokusnya bukan gimana caranya bikin konten yang bagus tapi angka-angka dan angka.  Ya stress lah akhirnya.

Padahal kalo konten bagus,  angka – angka itu juga akan ngikutin kok.  Percaya deh.  Percaya aja yaa?  😛

==========

Jadi buat gue pribadi,  belajar ngeblog itu penting banget.  Biar blogging yang kita lakukan bisa powerful dan bisa mencapai tujuan yang memang dicari. Semoga bermanfaat ya.

Kalo ada yang mau diobrolin silahkan colek gw di twitter @danirachmat.

4 Response Comments

  • evrinasp05/01/2016 at 7:54 am

    jadi pengen ganti themes, setelah ngeliat themes blog mendadakwp ini.

    di tempat kerja gw nih dan pada tertarik untuk ngeblog setelah mereka ngeliat gw yang jempalitan di dunia blogging, mereka pun tertarik, tapi setelah bikin blognya habis itu udahan ga tau mau ngapain, mungkin mereka gak tau ya kalo ngeblog itu apa dan manfaat sebenernya blogging itu apa

    terus ada juga pengen ngeblog kaya gw tapi males nulis, lah dalah ya susah

    bagi gw sendiri ngeblog itu me timenya gw selain nongkrong di bioskop or baca komik, gw sangat menikmati ketika sedang blogging, dari point yang di atas hampir sama semua, apalagi soal stres, stres bukan alexa, DA dll, tapi karena ilmu gw masih cetek banget, dari situ akhirnya gw malah jadi pengen belajar mendalami dunia yang gw suka ini

    *panjang amat yak, kalu giveaway nih harusnya menang :p

    Balas
    • Dani Rachmat Kurniawan18/01/2016 at 8:58 pm

      Bahahaha. Makasih ya Eeeev. Maap nih baru dibales dan maap juga bukan giveaway. Hahahaha.. Memang sih ya kalo asalnya dari ikut-ikutan bakalan susah bertahan emang Ev karena untuk bisa sampe kayak dirimu juga gak bisa sehari dua hari. Harus bisa konsisten dan terus perbaiki diri ya. Ngeblog itu memang me time banget Ev. Kita bisa hilang tersesat dalam dunia kata dan dunia cerita kita ya 😀

      Balas
  • Mechta07/01/2017 at 6:42 am

    Siip… Catet aah… Ntar klo ada yg nanya ttg apa itu blogging tak tunjukin tulisanmu ini ya Dan.. Salut utkmu, Dani.. Tiba2 kepikir aq yg rasanya sdh cukup lama dg WP kok ya gak akrab2 dgnya… Mo mantengin blog ini saja aah biar tambah ikrib dg WP.. 🙂

    Balas

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.

You may also like