Iya bener, ngeblog itu gak ada gunanya buat yang gak ngerti (setidaknya) 20 alasan kenapa harus ngeblog. Tak kenal maka tak sayang dan tak tahu maka tak butuh. Yakan ya? 😀 Berlaku juga buat ngeblog.

Gue sendiri sering banget dapet pertanyaan, “Emang ngapain sih lu ngeblog Dan? Emang masih punya waktu?”

Kalo boleh gue bilang, karena passion kali ya. Karena suka banget aja sama ngeblog akhirnya gue ngeblog. Tapi ternyata setelah beberapa tahun gue jalankan, ternyata banyak banget, iya, BANYAK BANGET manfaat yang gue dapatkan dari blogging ini.

Ini nih manfaat yang jadi 20 alasan harus ngeblog berdasarkan pengalaman gw:

(1) Ngebantu Belajar Terus Menerus

Seperti yang gue tuliskan di postingan Belajar Ngeblog: Blogging itu Apaan Sih? Dengan ngeblog gue dituntut untuk terus menerus belajar. Apalagi dua blog yang aktif gue update ngambil niche yang spesifik. Well, blog satunya lifestyle sih tapi dengan fokus ke financial planning. Jadi mau gak mau gue harus terus belajar biar apa yang gue tulis bisa up to date kan?

Begitulah kalo ngeblog, biar bisa update dengan hal-hal terbaru dan terkini untuk bisa membuat blog kita menarik, kita akan dituntut untuk terus belajar. Jangan salah, belajar ini bukan model duduk di kelas trus nyatetin kok, baca berita di internet dan mencari kebenaran berita itu juga salah satu proses belajar. Atau bagaimana kita ambil pelajaran dari baca postingan orang untuk bisa di apply ke blog kita, itu juga belajar.

(2) Bikin Lebih Aware Sama Sekitar

Siapa yang gak setuju sama ini?

Dengan ngeblog mau gak mau mindset kita akan terbentuk buat cari suatu hal baru yang bisa kita share ke pembaca blog kita. Paling gak gue sih gitu ya. Hal sesederhana orang ngerokok di pinggir jalan aja sudah bisa memicu otak gue berpikir apa yang bisa gue tulis dari situ. Status temen di facebook bisa juga loh jadi bahan postingan. Nah kan, aware kan? *bukan stalking *bukan kepo 😛

Apalagi kalo ada major event yang terjadi di sekitar kita, kayak misalkan macet sampe dua jam, pemilihan presiden ato peluncuran jaringan 4G dari satu operator seluler.

Coba baja juga postingan gw Tips Mencari Ide Postingan.

(3) Bikin Daya Analisa Lebih Tajam

Nyambung sama bagian lebih aware sama kondisi sekitar tadi, karena sudah terbiasa ngeblog, gue sedikit banyak juga terlatih buat menganalisa sesuatu lebih dalem. Kayak contoh kacamata aja, waktu itu dapet job nulis tentang kacamata dari satu brand toko online. Karena gak mau standar kayak postingan temen-temen, gue pun mencoba mikir bagaimana sudut pandang yang bakalan gue ambil.

Analisa yang gue lakukan mungkin terkesan sederhana padahal sebenernya cukup dalem. Jadi gue ambil sudut pandang orang narsis yang mau berbagi tips tentang kegantengan. Selain itu gue ambil contoh-contoh seleb yang emang ganteng dan semakin ganteng pake kacamata. Dengan itu gue bikinlah sebuah postingan yang ngajakin temen yang baca ketawa (ngetawain diri gue sih) dengan kemudian gue masukin di mana bisa dapet kacamata yang bisa bikin gue ganteng itu. Dengan begitu, temen-temen yang baca jadi gak ngerasa gue jualan banget, tapi message tersampaikan. Postingannya bisa dibaca di  Postingan Obat Ganteng.

Dengan terbiasa ngeblog, kita bisa melakukan analisa-analisa akan suatu hal lebih mendalam.

(4) Ngeblog Bisa Dapet Duit

20-alasan-harus-ngeblog-dapat-duit

Ngeblog Menghasilkan Uang

Nah loh, kalo ini gw yakin buanyak banget yang mengamini. Gak cuman duit bahkan, ngeblog bisa dapet beraneka ragam barang yang kalo misalkan beli sendiri mikir-mikir banget.

Blogger sekarang sudah diakui banget kok eksistensinya. Banyak brand yang sudah menyadari dengan bekerjasama dengan blogger, kesempatan untuk mendapatkan eksposur di internet menjadi lebih besar dan ujungnya lebih mudah ditemukan mesin pencari.

Jadi ini aja bisa jadi alasan kuat buat mulai ngeblog kan? *smirk*

(5) Pikiran Lebih Terorganisir

Ini gak harus dengan pembagian kategori jugak sih. Hahaha.

Dengan terbiasa menuliskan apa yang ada di pikiran, lama-lama gue jadi terbiasa kalo misalkan ada kepikiran ini bisa dimasukkan ke mana, itu yang mana, tentang ini buat kapan, itu dilakukan besok, ini dilakukan sekarang. Hal-hal yang kayak gitu.

Jadi misalkan kalo sebelumnya kusut mau make duit yang gak seberapa buat yang mana dulu, dengan terbiasa nuliskan sesuai pengkategorian, bisa jadi loh jadi kepikiran duit yang gak seberapa tadi bisa dibagi berdasarkan skala prioritas. Menjadwalkan sesuatu pun bukan hal yang aneh lagi kalo misalkan sebelumnya orangnya tipe yang berantakan *tunjuk diri sendiri

(6) Terlatih Melihat Dari Sudut Pandang Lain

Kalo misalkan ada isu panas, sebagai seorang blogger, kita pasti punya pendapat sendiri dong.

Setahu gue sih para blogger akan analisa itu masalah berdasarkan sudut pandang dan stand pointnya sendiri. Alih-alih ikut berita media massa, si blogger akan punya analisa yang lebih komprehensif karena dia akan melihat dari sudut pandangnya sebagai orang awam yang juga akan terkena issue itu.

Investasi emas sebagai contoh, kalau misalkan di media timbul opini yang menggiring masyarakat ke arah tertentu, blogger bisa punya pendapat sendiri karena mengalami pengalaman yang berbeda.

(7) Gratis Atau Paling Gak Minim Biaya

Dan iya, ngeblog itu gratis-tis-tis. Well, kecuali koneksi internet yang kalo gak dapet Wi-Fi gratisan sih ya kudu modal koneksi internetnya.

Atau kalau misalkan memang mau lebih keren pake nama sendiri yang dot com biaya yang dikeluarkan juga minimal. Kayak yang gue pakai ini, setahun pertama cuma keluar sekitar Rp. 180 rebu beli domainnya aja, servernya gratis. Tahun kedua cuma nambah Rp. 350rebu.

Dengan custom domain bisa dijadikan modal cari duit pula.

(8) Nambah Banyak Temen

Lewat blogwalking dan komen-komenan dengan teman blog, sudah pasti kita akan nambah temen.

Pertemanan melalui blog gak terbatas lokasi geografis. Kita bisa loh ngobrol seru meskipun baru pertama kalinya ketemu muka dengan orang dari belahan dunia lain hanya karena sudah saling ketemu di blog. Belum lagi kalo ikutan komunitas-komunitas blog yang bisa nambahin jaringan pertemanan kita. Pintu rezeki kan datengnya dari teman-teman blogger juga ya.

Banyak temen banyak rejeki kalo kata blogger mah ya. 😀

(9) Bisa Ngerasain (Sedikit) Popularitas

20-alasan-harus-ngeblog-popularitas

Popularity

Kalo ini tentunya seiring dengan perkembangan blog, semakin banyak orang yang kenal. Apalagi kalo blognya gampang ditemukan sama Google dan isi blog kita bermanfaat. Orang bakalan balik lagi dan lagi dan lagi.

Kayak cerita temen gue yang punya blog bemzkyyeye.com, bisa loh waktu dia jalan di mall tiba-tiba ada yang nyamperin dan cegat dia. Si orang yang nyegat ternyata adalah pembaca setia blognya dia dan mengenali yang bersangkutan.

Gue sendiri kalo mau ketemu sama blogger yang tulisannya gue suka banget suka dag-dig-dug-dhuer ngalahin kalo ketemu Dian Sastro. Beneran deh. Hihihi. Blogger yang oke emang akan ngebangun semacam fanbasenya sendiri dari blognya.

(10) Suara Kita Terdengar

Ini nih yang suka bikin gw gemeteran. Dengan ngeblog suara kita akan terdengar. Suara gue ada yang dengerin.

Gak nyangka aja kalo sehari ada lebih dari 10 orang yang baca blog gue dan menemukan sesuatu dari situ. Apa yang dua atau tiga tahun lalu gue matia-matian tawarkan ke orang buat financial check-up dan jarang banget yang mau, dengan gue tulis di blog jadi banyak yang merasakan manfaatnya.

Gue punya media sendiri buat menyebarkan apa yang mau gue sampaikan. Gak ada yang membatasi. Gimana rasanya kalo omongan kita bisa nyampe ke seratus orang sih? Kalo sampe seribu orang? Luar biasa kan?

(11) Jadi Lebih Sabar

Kalo ada yang bilang mau belajar sabar, gue bilang cobalah ngeblog.

Mulai dari gak ada yang baca, trus traffic sepi, gimana bangun blog, kenali ke orang, kejar angka ini-itu. Butuh kesabaran luar biasa atau kalau nggak akan ngerasa ngeblog itu gak guna. 😀

Belum lagi kalau ketemu teman blog yang aneh, komentator anon nan usil dan semua segala macem komenan bernada haters. Gue sendiri merasakan belajar banyak tentang kesabaran di blog. Prosesnya itu perlu banget didampingi kesabaran dan rasanya manis ketika sudah berbuah. 😀

(12) Belajar Buat Jujur

Mau ngeblog tapi gak jujur degan kondisi sendiri? Nulis yang gak sesuai dengan kenyataan? Bisa aja sih. Either dimasukin ke cerita fiksi ato mau beneran bohong ya gak papa.

Tapi hati-hati aja nanti pasti bakalan ketahuan kok kenyataannya gimana.

Nulis di blog selain belajar sabar, gue juga dituntut buat ngomong yang sesuai sama kenyataan. Gak ada cerita apa yang gue tulis gak sesuai dengan kenyataan. Malunya kalo ketahuan terus disebar-sebarin ituloh. Yakan?

20-alasan-harus-ngeblog-popularitas-melatih-kejujuran

Authenticity

(13) Membangun Kredibilitas dan Branding

Kalo kita ngeblognya jujur dan kasih manfaat, orang bakalan inget kita dari apa yang kita blog-kan kan ya?

Misalkan nih, Ryan yang sering sharing tentang SEO, Nita yang sharing tentang masalah gigi dan Dita yang males mandi sharing tentang jalan-jalan akan bikin orang inget isi postingan mereka. Ciri khas yang membuat mereka mudah dikenali di ranah blogosphere. Nantinya kalo ada yang mau tanya tentang hal-hal terkait ini itu, orang akan langsung inget mereka terkait topiknya.

Branding kuat bisa jadi modal untuk cari duit di internet kan? 😀

(14) Jadi Penulis yang Lebih Baik

Nah kalo misalkan ada yang mau jadi penulis, cuman bingung mulainya gimana, dengan ngeblog bisa loh dijadikan ajang latihan nulis.

Baik itu yang mau nulis fiksi atopun yang mau nulis hal-hal non fiksi. Kayak misalkan mau nerbitin buku kumpulan resep tapi belom punya nama, bisa mulai dengan ngeblog dan fokus bikin food-blog yang khusus di resep-resep kreasi sendiri yang ciamik-ciamik. Tentu saja perlu kerja keras buat promo dan kenalin sih tapi dengan terbiasa ngeblog, kita jadi punya kebiasaan buat nulis.

Atau kayak temen gue Orin yang suka banget nulis fiksi. Tulisan-tulisan di blognya selalu kuat dan akhirnya dia bisa menerbitkan bukunya sendiri. Keren kan ngeblog itu?

(15) Bisa Ngebantu Good Cause(s)

Kalo nama yang kita bangun di blog sudah cukup dikenal, bisa juga loh kita pakai blog kita untuk membantu good cause(s). Ini Bahasa Indonesianya gimana ya?

Misalkan gini, tentang pentingnya kesadaran penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang baik untuk anak dan perempuan, Teh Ani Berta berhasil dengan sangat baik menularkan kesadaran itu melaui blog dan teman-teman blognya. Sekarang banyak orang jadi sadar tentang hal tersebut.

Pun dengan blog kita sendiri, kalo ada cause yang mau kita bantu, kita bisa sebarkan kesadaran itu melalui blog kita.

(16) Ngebantu Orang Lain

Percaya nggak kalo cerita yang kita share di blog itu bisa ngebantu orang lain?

Pengalaman sesederhana gimana bikin minyak kelapa sendiri dari buah kelapa yang diparut aja bisa jadi sangat bermanfaat buat yang membutuhkannya. Jangan pernah meremehkan pengalaman yang kita tuangkan jadi isi blog kita. Percayalah bahwa di luar sana akan ada orang yang memanfaatkannya.

(17) Buat Diri Lebih Disiplin

Karena gue bilang kalo ngeblog itu berawal dari passion, kita akan terdorong buat bisa secara rutin update blog kita. Paling gak itu pengalaman gue.

Dengan banyaknya yang harus dijalani, gue jadi harus bisa ngatur waktu antara update blog dan alalalalilili lainnya. Gak percaya? Coba aja deh 😀

(18) Ajang Promosi Hobi

Nah seperti yang gw bilang tadi di poin menjadi penulis yang lebih baik, dengan ngeblog kita bisa nulis apa yang jadi hobi kita dan bisa jadi dikenal berdasarkan hobi itu. Yang masak jadi ahli masak, yang suka gambar dan sering promo gambarnya bisa dikenal sebagai ilustrator sementara yang suka fotografi bisa jadikan blognya sebagai ajang showcase hasil foto-fotonya.

Dan itu semua bisa dilakukan gratis! Dimana lagi cobak bisa promoin hobi dengan gratis dan ekstensif?

(19) Menjembatani Hubungan Jarak Jauh

Buat yang tinggal jauh dari keluarga, ngeblog bisa jadi ajang penjembatan dan temu kangen. Dengan cerita gimana kota tempat tinggal, apa yang dialami setiap hari dan bagaimana perasaan mereka, keluarga di belahan dunia lain bisa selalu tahu update tentang orang-orang terkasihnya.

Gak percaya? Sudah banyak kok yang melakukan ini. Jadi memang kudu ngeblog untuk bisa selalu catch up berita terbaru keluarga buat yang terpisah lokasi geografis. Bener kan ya? 😀

(20) Ngeblog Bikin Bahagia

20-alasan-harus-ngeblog-sumber-kebahagiaan

Sumber Kebahagiaan

Buat gue pribadi, ngeblog itu bikin bahagia.

Dengan share apa yang gue tahu, cerita tentang ini itu, kayak ada beban terlepas dikit gitu. Tapi ini tergantung dari tujuan ngeblognya memang. Apakah memang mau buat sharing ato kejar angka-angka aja.

Kalo kejar angka-angka, kebahagiannya pasti akan sangat dirasaka ketika angka yang dituju sudah tercapai. Kalau belom ya perlu berusaha lebih keras aja.

====================

Gimana, 20 alasan tadi cukup kan buat memulai sebuah blog? Gak ada ceritanya kan ngeblog itu gak ada gunanya? Ato ada yang punya pengalaman lain selain 20 hal yang gue tulis itu? Share dong ceritanya.

Kali ada yang mau didiskusikan colek aja gue di twitter @danirachmat ya. 😀

29 Response Comments

  • Dita07/01/2016 at 3:00 am

    keren maaas, kok bisa kepikiran bikin sampe 20 gini sihhh?! kayaknya kalo aku cuma kepikiran sampe no.5 doank hahahaa. Ajarin nulis yang panjang tapi gak bosenin donk! Aku baru nulis 500an kata aja udah ngos-ngosan :/

    Balas
    • wawanrachmat07/01/2016 at 3:25 am

      Pengalaman pribadi soale Dit. Hihihi. Makanya ada aja pas digali. Dirimu pasti bisa bikin sampe 30 mah. Lagian ini nulis e juga satu poin dikit-dikit. Nyampe dua ribu kata karena ada duapuluh poin. 😀

      Balas
  • eda07/01/2016 at 3:02 am

    baru tau kalo kamu punya blog iniii 😀

    Balas
    • wawanrachmat07/01/2016 at 3:24 am

      Baru diaktifkan lagi aja Daaa. Hihihihi. Btw di blog danirachmat.com akhire slider e malah tak lepas sebelum bikin tutorial pasang slider. ?

      Balas
  • Ira07/01/2016 at 4:47 am

    setuju banget mas!! kerasa tuh rata-rata yang diomongin di atas.
    Akhirnya blog ini diupdate lagi yak 😀

    Balas
    • wawanrachmat07/01/2016 at 4:48 am

      Iya Ira. Rencananya tentang blogging mau diupdate di sini aja. Jadi danirachmat.com fokus untuk lifestyle dan financial planning. 😀

      Balas
  • Deva Bilqish07/01/2016 at 5:17 am

    Sejauh ini gue paling demen yang ngeblog buat dapet duit (buat nambah uang saku) sama makin banyak temen. Buset. 20 poin banayak beneurr.

    Balas
    • wawanrachmat07/01/2016 at 5:18 am

      Hihihi. Iya. Dapet duit emang keras manis. 😀 ini berdasarkan pengalaman. Kali aja da yang belom masuk sini kalo dari pengalamannya Mbak Deva? 😀

      Balas
  • @liamarta07/01/2016 at 7:38 am

    Wuih, mantep banget nih postingannya. Dan aku setuju sama semua alasannya :))
    Btw, aku baru tau mas Dani punya blog yang ini. Bakal aku pantengin terus nih. Share terus ilmu bloggingnya ya, Mas 🙂

    Balas
    • wawanrachmat09/01/2016 at 6:36 am

      Makasih Mbak Lia. Semoga ada yang bisa dipake ya nanti artikelnya 🙂

      Balas
  • aya slavina07/01/2016 at 8:43 am

    Iye, Mas. Ngeblog itu nganggur, nganggur-nganggur nyari duit wkwkkw

    Balas
    • wawanrachmat09/01/2016 at 6:37 am

      Hihihihi… Enaknya itu bagian dapet duit tapi berasa nganggurnya ya Mbak Aya 😀

      Balas
  • adelina07/01/2016 at 9:30 am

    Lengkap, komplit dan ngulasnya tidak sama dengan kebanyakan. Yang pasti point 20 ngeblog bikin hidup bahagia. Setuju bangat.

    Balas
    • wawanrachmat09/01/2016 at 7:04 am

      Aaaw. Makasih banyak ya Lin 🙂

      Balas
  • Nina Fajriah07/01/2016 at 12:16 pm

    Nothing to say, just standing applause. Tulisannya Juarak! 😀

    Balas
    • wawanrachmat09/01/2016 at 7:04 am

      Hahaha. Makasih banyak Mbak Nina 😀

      Balas
  • Bayu Rohmantika Yamin07/01/2016 at 4:26 pm

    Wow keren, bisa ngumpulin sampe 20 poin. Ngeblog itu emang sangat sangat sangat (harus diulang tiga kali :p) bermanfaat. Meskipun saya masih terhitung newbie dalam dunia blog, saya udah dapetin manfaat dari aktivitas yang satu ini. Saya seneng punya sesuatu yang mesti terus diperhatikan keberadaannya (meski masih berjuang demi sebuah konsistensi hehe).

    Ngeblog bisa buat kita aware dengan hal apapun (sesuai poin dua di atas), apa yang didengar, dilihat, dirasa dan lainnya bisa seketika jadi ide postingan. Kalo udah begitu, excited untuk menulisnya ngga bisa dibendung. Sensasi itu yang saya suka 😀 Lagipula, menulis di blog itu lebih “terhormat dan elegan” menurut saya, karena unsur kreatifitasnya ada, plus melatih melihat dari sudut pandang lain (sesuai poin nomor enam). Dan ya, ngeblog bisa membuat suara kita terdengar. Siapa tahu tulisan kita bisa membuat perubahan positif dalam diri seseorang, who knows?

    Saya pengen ngomentarin satu per satu poinnya, tapi nanti malah kepanjangan sendiri hehe, maaf. Intinya keduapuluh poin di atas mantap semua, dan udah semestinya kita menekuni dunia blog. Poin terakhir pas banget jadi penutup: “Ngeblog bikin bahagia” absolutely agree 😀

    Balas
    • wawanrachmat09/01/2016 at 7:49 am

      Huaaaa. Mas Bayu, makasih banyak ya mas komentarnya. Ngeblog itu menyenangkan banget deh intinya.
      Semakin rutin ngeblog semakin gampang untuk bisa konsisten kok Mas. Malah jadi kayak addiction 😀

      Balas
  • Widy Darma08/01/2016 at 9:13 am

    Ngeblog emang asyik ya… Dari SMP ngeblog cuma buat seneng-seneng, sekarang baru berasa manfaatnya hehehe

    Balas
    • wawanrachmat09/01/2016 at 7:49 am

      Wiiih mantabh, sudah ngeblog dari jaman SMP. Saluuut!

      Balas
  • leli08/01/2016 at 1:45 pm

    aku sendiri sih awalnya buat ngingetin diri sendiri tentang apa yang pernah aku alamin, makanya di tulis di blog.
    Jadinya blognya semi semi diary. tp tenang nggak blog galau galauan kok haha

    Salam kenal.

    Balas
    • wawanrachmat09/01/2016 at 7:50 am

      Hihihihi.. Saya juga awalnya semi diari dan sampe sekarang juga masih suka galau kok Mbak Leli 😀

      Balas
  • jaka10/10/2016 at 11:32 am

    makasih gan tentang infonya dan semoga bermanfaat

    Balas
  • Nugraha22/11/2016 at 2:32 pm

    jujur sih alasan pertama gua ngeblog itu biar dapet duit, tapi sekarang udah beda, sekarang gue lebih pengen nulis aja,

    ngalir aja gitu,

    biar nantinya ada perusahaan yang ngiklan, atau biar traffic gede trus adsense gue laku.. uhuyyy

    Balas
    • Dani Rachmat Kurniawan02/01/2017 at 8:44 pm

      Wuah maaf ini blog gak pernah ditengokin Mas. Memang dengan nulis yang ngalir dan enak, jadinya semuanya dateng sendiri kok 😀

      Balas
  • Nuno05/01/2017 at 12:03 am

    Idem sama Mbak Dita di komen paling atas, keren ih bs sampe kepikiran sebanyak ini Mas. Suka sama tulisan2 mas Dani.

    Balas

Leave A Comment

Please enter your name. Please enter an valid email address. Please enter message.

You may also like